rp0bNChIFHEQLNOWnNlTR7tYV3Qi69riOvEhpJHL

Cara Setting Custom Domain Namecheap ke Blogspot

Konten [Tampil]

Berikut adalah tutorial cara menghubungkan domain namecheap ke blogspot terbaru. Tutorial singkat jelas dan padat dengan cara setting custom DNS namecheap ke blogger.

Apakah kalian memiliki domain di namecheap? Namun tidak mempunyai hosting? Saya sarankan untuk kalian menghubungkan domain namecheap ke blogger.

Meskipun gratis, blog pada platfrom blogger selalu memiliki domain akhiran dot blogspot dot com akan selalu ada apabila kalian tidak menggunakan custom domain sendiri. 

Tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara setting domain namecheap ke blogspot atau blogger. Namun sebelumnya pastikan kalian sudah memiliki domain di namecheap. 

Silakan simak dan ikuti petunjuk berikut ini, karena sangat penting untuk dibaca dan dipahami. 

Cara Setting Custom Domain Namecheap ke Blogspot

1. Masuk ke akun blogger kalian pilih menu Setelan > Mempublikasikan > Domain Custom

2. Masukan nama Domain yang telah kalian beli di namecheap. Jangan lupa untuk menambahkan www pada bagian depan Domain kalian. Lalu pilih simpan. 

3. Kalian akan mendapatkan peringatan seperti gambar berikut, tenang saja dan abaikan. Silakan perhatian kode yang diberi tanda, kode tersebut digunakan untuk custom Domain namecheap. 

4. Silakan masuk ke akun namecheap kalian, kemudian pilih Domain yang akan dipasang pada blogger lalu klik manage. 

5. Kemudian pilih menu Advanced DNS. 

6. Pilih ADD New Records. 

7. Pilih CNAME Record. 

8. Silakan kembali ke tab dashboard blogger. Perhatian kotak berwarna merah pada gambar berikut. 

Nah kode tersebut silakan salin dan tempel pada bagian CName Record . Pada bagian host silakan isi dengan www dan pada bagian target silakan isi dengan ghs.google.com 

Ulangi lagi, buat CName record pada bagian host silakan isi dengan kode unik yang kalian dapat pada dasbor blogger dan pada bagian target sama isi dengan kode yang kalian dapatkan sebelumnya. Untuk TTL silakan pilih yang 30 min. 

9. Setelah membuat CName record mama hasilnya akan seperti ini. 

10. Langkah berikutnya kalian perlu membuat "A Record" Silakan masukan 4 A Record di bawah ini. 

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Pada bagian host silakan isi @ dan pada bagian IP Address silakan isi dengan 4 A Record diatas, sedangkan bagian TTL silakan pilih Automatic. Sehingga hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. 

11. Setelah selesai silakan masuk kembali ke dashboard blogger, dan klik Simpan. 

Nah itulah cara setting Domain  namecheap ke blogspot, berikut beberapa pertanyaan mungkin yang sering kalian tanyakan. 

Kapan Blog saya Bisa Diakses? 

Pengalihan Domain biasanya memerlukan waktu 1x24 jam agar bisa diakses. Hal yang wajar bila blog kalian tidak bisa diakses dalam beberapa waktu. 

Apakah Google Akan Mengindeks ulang Domain Saya? 

Tentu saja google akan mengindeks ulang nama Domain kalian, untuk mempercepat proses indeks kalian perlu verifikasi Domain di google search console. 

Apakah saya bisa Menggunakan HTTPS? 

Platform blogger telah mendukung SSL (HTTPS) untuk custom Domain maupun menggunakan subdomain blogspot.com. Jadi kalian bisa menggunakan fitur ini dengan mengaktifkannya di menu setelan. 

Penutup

Pada dasarnya custom Domain dari namecheap ke blogger hanya menggunakan setting DNS yang menambahkan 4 A Record dan 2 CNAME Record. 

Demikian artikel tentang cara setting custom Domain namecheap ke blogspot, semoga bermanfaat selamat mencoba. 

Related Posts
Dimas Arief
Banyak di Hujat Namun Setia . Blogger Pemula Tersesat di Bidang Percintaan dan Semua Tulisan di Sini Terciptanya dengan Bantuan Kopi Tanpa Gula.

Related Posts

Posting Komentar